Tak Hanya Kita, 5 Tokoh Ternama Dunia Ini Juga Mengenakan Batik, Lho! – Engrasia
Cart 0
Whatsapp: 081297175060

terima kasih, respon & pengiriman cepat dan...
- Indra Tjahjani, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Very fast response and delivery, superb!! Ratin...
- Harry Ibrahim, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Batik nya bagus2,tolong perbanyak indigo. Ratin...
- Ine Wardhana, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Very trusted! Always up to date. Rating: ★★★★★
- Katarina Elim, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Batik sangat beragam dengan harga sangat terjan...
- Yulia Arseno, Tangerang (TrustSpot Verified ✓)

Puas dengan pelayanan yg cepat. Dan selain cora...
- Angelina Zanita Niken, Yogyakarta (TrustSpot Verified ✓)

Batiknya bagus2. Harganya OK. Servisnya OK bang...
- Lily Sumichan, Denpasar (TrustSpot Verified ✓)

Sungguh professional. Kain-kain yang dipesan se...
- Sofia, Malaysia (TrustSpot Verified ✓)

Reliable both quality and the price, as well as...
- Fitri, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Barang Sesuai gambar. Thanx Engrasia ;) Rating:...
- Hanly, Malang (TrustSpot Verified ✓)

Saya puas dg kerajinan pembatik Indonesia yg be...
- Natalia Dwi Cahyani, Surabaya (TrustSpot Verified ✓)

Tak Hanya Kita, 5 Tokoh Ternama Dunia Ini Juga Mengenakan Batik, Lho!

Dita Nadya Ardiyani

Batik menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia karena sisi artistik dan filosofisnya. Selain itu, batik juga sangat fleksibel untuk dikenakan ke berbagai kesempatan. Bahkan, tanggal 2 Oktober kemarin pun kita merayakan Hari Batik Nasional sebagai tanda cinta terhadap budaya asli Indonesia ini.

Ternyata, tak hanya kita yang bangga dan terkesima dengan pesona batik. Tokoh-tokoh ternama dunia juga pernah mengenakannya, lho. Hal itu bukanlah gosip semata karena bukti berbatik mereka tertangkap oleh kamera wartawan.

Siapa saja, sih, kelima tokoh dunia berbatik tersebut? Simak di bawah ini, yuk!

Jessica Alba

Jessica Alba Batik

Jessica Alba. (Sumber: terselubung.in)

Pada 2013, aktris yang berperan dalam film Fantastic 4 ini pernah masuk nominasi 10 Best Carpet Looks Ever dari majalah InStyle gara-gara berbatik, lho. Gaun batik bermotif parang rusak Jogja-nya berhasil menarik perhatian publik di antara para aktris lain yang mengenakan gaun kontemporer saat menghadiri acara Step-Up’s Fourth Annual Fashion Forward Luncheon.

Motif parang rusak berukuran besar berwarna hitam putih dengan aksen kupu-kupu besar di dada yang dipadukan dengan sepatu bot setinggi lutut berwarna senada menjadikannya sasaran empuk wartawan. Yang lain lewat, deh!

Reese Witherspoon

Reese Witherspoon Batik

Reese Witherspoon. (Sumber: Good News From Indonesia)

Berbeda dengan selebriti lain yang kerap mengenakan busana bermerk dengan harga mahal, Reese Witherspoon menikmati hari-hari santainya dengan berbatik. Pemeran utama dalam film Legally Blonde ini tertangkap kamera saat sedang berjalan kaki di sebuah kawasan.

Penampilannya terkesan bebas dan segar dengan minidress motif batik berwarna biru yang dipadukan dengan jaket denim biru, handbag coklat, dan sepatu hak berwarna coklat muda. Terbukti, kan, bahwa batik tidak hanya cocok dikenakan ke acara formal saja? Reese Witherspoon pun tetap terlihat menawan dengan padanan outfit ini.

Nelson Mandela

Nelson Mandela Batik

Nelson Mandela. (Sumber: seputarmalang.com)

Mendiang kepala negara Afrika Selatan ini termasuk tokoh dunia yang “senior” dalam berbatik. Beliau mengenal batik sejak 1990, ketika bertemu Sugeng Rahardjo yang saat itu merupakan notulis pertemuannya dengan Presiden Soeharto.

Hal tersebut berulang ketika beliau bertemu dengan Presiden B.J.Habibie pada 1998. Pak Habibie pun berinisiatif untuk memesankan batik khusus untuk Mandela melalui (alm) Iwan Tirta, pakarnya batik Indonesia.

Mandela terus mengenakan batik ke berbagai acara kenegaraan, tidak hanya saat berkunjung ke Indonesia tetapi juga ke negara lainnya. Saking populernya beliau dengan batik, masyarakat Afrika Selatan pun kemudian menyebut batik dengan nama “Mandela’s Shirt”.

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane Batik

Zinedine Zidane. (Sumber: Bola.com)

Pemain bola ternama asal Prancis ini juga pernah terlihat mengenakan batik. Kala itu, ia sedang berkunjung ke Indonesia dalam rangka menjalankan tugasnya sebagai duta peningkatan kesejahteraan anak-anak sedunia pada 2007. Jangan lupa untuk membawa batik pulang dan memperkenalkannya kepada masyarakat Prancis ya, Zidane! :D

Beyonce

Beyonce Batik

Beyonce. (Sumber: Blog Elvuelo Del Gavilan)

Diva top dunia ini tampil elegan dengan batik saat menghadiri Met Gala di Metropolitan Museum, New York. Ia mengenakan tube dress hitam beraksen motif batik berwarna cerah dengan belahan tinggi dan ekor yang menjuntai. Totally sexy and elegant at the same time!

Tak cukup dengan gaun, motif batik juga dihadirkan di sepatu bot selutut yang menghiasi kaki jenjangnya. Motif batik tersebut membungkus keseluruhan sepatu bot tanpa ada ruang untuk aksen lainnya. Paduan unik ini membuat para pengamat berfokus ke bagian pinggang hingga kaki yang ramai akan motif dan warna menyala.

Kelima tokoh di atas tidak ragu mengenakan batik ke acara pentingnya. Jangan sampai kita kalah bangga dari mereka dalam berbatik. Mari kita terus lestarikan dan tunjukkan pada dunia bahwa batik Indonesia istimewa. :)


Referensi: Bacaterus, Dagelan.co, Viva.co.id



Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published