Mengulik Cantiknya National Costume Puteri Indonesia di Ajang Miss Universe 2017 – Engrasia
Cart 0
Whatsapp: 081297175060

Mengulik Cantiknya National Costume Puteri Indonesia di Ajang Miss Universe 2017

Dita Nadya Ardiyani

Ajang Miss Universe 2017 yang berlangsung di Filipina memang sudah berakhir. Puteri Indonesia 2016, Kezia Warouw, berhasil masuk ke 13 besar sebagai finalis. Meskipun dirinya tidak berhasil dinobatkan sebagai Miss Universe, ia tetap mengharumkan nama Indonesia berkat national costume yang ia peragakan.

kostum garuda

Kostum Garuda Puteri Indonesia. (Sumber: Hipwee)

Berbentuk Garuda berwarna keemasan, kostum ini dibuat oleh Dynand Fariz dan tim. Dynand Fariz juga dikenal sebagai pencetus acara Solo Batik Carnival (SBC) sehingga kreativitasnya dalam mendesain kostum tidak perlu diragukan lagi.

Khusus untuk kostum Garuda ini, Dynand Fariz beserta timnya sudah terlebih dahulu memamerkannya dalam acara Jember Fashion Carnival 2016, lho! Kostum ini dibuat selama 2 bulan dengan berat sekitar 20 kg. Berat dan rumitnya kostum ternyata tidak menghalangi Kezia Warouw untuk melangkah dengan gemulai di atas panggung.

Memangnya terbuat dari apa sih kostum ini sampai-sampai beratnya mencapai angka yang fantastis sekaligus berdesain gemerlap dan mengagumkan?

Detail kostum garuda

Detail kostum Garuda yang mengagumkan. (Sumber: Hipwee)

Jangan salah, kostum ini terbuat dari lempengan tembaga, batu-batuan, kristal dan lampu LED yang dirangkai menggunakan tangan tanpa bantuan mesin sama sekali. Meskipun begitu, pengerjaan dilakukan dengan telaten dan sangat rapi.

Setiap bagian kostum juga dikerjakan begitu detail sampai ke bagian terkecil! Tak heran proses pembuatannya bisa memakan waktu dalam hitungan bulan, ya.

Tidak berhenti sampai di situ saja, kostum ini juga tampil memukau saat kondisi ruangan sedang gelap atau kurang cahaya. Rangkaian lampu LED dan batu kristal yang terpasang pada sayap akan berkelap-kelip. Berpadu dengan warna keemasan dari lempeng tembaga, nuansa metalik pada kostum ini semakin berkilauan.

Meski berbentuk Garuda, kostum ini bertema Unity Nation. Berdasarkan pernyataan dari akun instagram @officialputeriindonesia, tema ini terwujud dalam kostum dengan makna:

Burung Garuda juga mewakili kedaulatan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar nomor satu di dunia dengan berbagai perbedaan. Perbedaan ini juga memotivasi Indonesia dalam semangat kibaran bendera Merah Putih yang memiliki arti berani dan suci untuk ambil peranan dalam lingkup dunia.”

Berbekal makna tersebut, kostum Garuda yang dikenakan Kezia pun dilengkapi dengan tongkat emas dan bendera merah putih.

tongkat dan garuda

Kostum Garuda dan tongkat merah putih. (Sumber: IG @officialputeriindonesia)

National costume dalam pagelaran Miss Universe setiap tahunnya memang selalu dinanti karena menonjolkan keindahan dan kekayaan warisan budaya bangsa. Mari kita tunggu kreasi terbarunya tahun depan! :)

 

Referensi: Hipwee



Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published