Bakar Kalori dengan Mengerjakan Aktivitas Rumah Tangga Ini Secara Rutin – Engrasia
Cart 0
Whatsapp: 081297175060

Batiknya bagus2. Harganya OK. Servisnya OK bang...
- Lily Sumichan, Denpasar (TrustSpot Verified ✓)

Sungguh professional. Kain-kain yang dipesan se...
- Sofia, Malaysia (TrustSpot Verified ✓)

Reliable both quality and the price, as well as...
- Fitri, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Barang Sesuai gambar. Thanx Engrasia ;) Rating:...
- Hanly, Malang (TrustSpot Verified ✓)

Saya puas dg kerajinan pembatik Indonesia yg be...
- Natalia Dwi Cahyani, Surabaya (TrustSpot Verified ✓)

Bakar Kalori dengan Mengerjakan Aktivitas Rumah Tangga Ini Secara Rutin

Dita Nadya Ardiyani

Berdiam di rumah bukanlah alasan untuk malas bergerak. Terlalu banyak bersantai justru bisa mengundang penyakit, lho!

Jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga atau ibu bekerja dengan jadwal fleksibel, ayo bergerak! Olah tubuh dan bakar kalori dengan mengerjakan aktivitas rumah tangga secara rutin.

Di bawah ini adalah beberapa aktivitas rumah tangga yang dapat membakar kalori dalam jumlah tertentu berdasarkan standar wanita berbobot 68 kg. Besaran kalori yang tercantum adalah relatif, tergantung pada berat badan, postur, dan intensitas. Yuk, disimak!   

Menggosok kamar mandi

Menggosok kamar mandi beserta perabotnya memang termasuk aktivitas rumah tangga yang paling melelahkan. Tak heran jika aktivitas ini dapat membakar sebanyak 180 kalori dalam 1 jam.

Mengepel lantai

Tidak jauh berbeda dengan menggosok kamar mandi, mengepel lantai menjadi aktivitas rumah tangga yang paling melelahkan karena cakupan area yang luas. Dalam 1 jam saja Anda bisa membakar 400 kalori berkat mengepel. Nah, coba hitung total kalori yang bisa dibakar jika rumah Anda terdiri atas 2 lantai!

Vacuum

Aktivitas vacuum atau menyedot debu ini bisa membakar sekitar 200 kalori per jam. Akan tetapi, besaran kalori yang terbakar tergantung pada luas ruang yang dibersihkan.

Cuci mobil

Pergi ke bengkel untuk mencuci mobil memang tidak merogoh kocek begitu dalam. Namun, akan lebih baik jika dana tersebut dihemat dengan cara mencuci mobil sendiri di rumah. Kalori yang dibakar bisa mencapai 153, lho. Kantong hemat, lemak lewat!

Laundry

Rangkaian aktivitas laundry yang dimulai dari mencuci dengan mesin, menjemur, melipat, dan menyimpan pakaian di lemari dapat membakar sekitar 280 kalori. Apabila Anda juga menyetrikanya sendiri, tambahkan lagi 140 kalori untuk setiap jam yang terpakai.

Berkebun

Setiap jamnya, 325 kalori dapat dibakar dengan menyiangi rumput, menggali tanah, atau memangkas semak-semak. Jika Anda memiliki hobi berkebun, manfaatkan waktu untuk menanam pohon dan bunga cantik demi membakar 250 kalori perjam.

Menyapu

Menyapu lantai dan halaman cukup melelahkan dan membosankan. Namun, kalori yang terbakar bisa mencapai 136 kalori setiap 30 menitnya.

Cuci piring

Mencuci peralatan makan yang kotor bisa membakar 160 kalori setiap 30 menitnya, lho. Selain itu, jika Anda bolak-balik mengembalikan peralatan makan yang telah bersih ke tempatnya, kalori yang terbakar akan bertambah sekitar 105 kalori. Jadi, jangan malas mencuci piring dan meletakkan kembali ke raknya, ya!

Dekorasi rumah

Memindahkan perabot antar ruangan di dalam rumah bisa membakar 100 kalori dalam 15 menit saja karena banyak tenaga yang terpakai. Setelahnya, menata ruangan bisa membakar 167 kalori setiap 30 menit. Kalori yang terbakar bisa semakin banyak jika Anda melakukannya bolak-balik, dari ujung ke ujung, atau bahkan dari atas ke bawah dan sebaliknya.

Membersihkan jendela dan perabot

Membersihkan jendela dan perabot rumah tangga sekilas terlihat sebagai pekerjaan ringan. Padahal, aktivitas tersebut juga bisa membakar hingga 167 kalori setiap 30 menit!

Ternyata aktivitas rumah tangga juga bisa membantu menjaga kesehatan. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda menyeimbangkannya dengan olahraga ringan seperti joging, push up, atau yoga.

Mari bergerak!

 

Referensi: Hello Sehat



Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published