5 Hobi Produktif yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga – Engrasia
Cart 0
Whatsapp: 081297175060

5 Hobi Produktif yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga

Dita Nadya Ardiyani

Kesibukan sebagai ibu rumah tangga yang mengurus keluarga dan rumah memang terkadang menimbulkan kepenatan. Rutinitas yang berulang setiap hari juga terasa membosankan jika tidak ada variasi. Coba ingat-ingat kembali, adakah hal yang Anda sukai sewaktu lajang, yang sudah jarang dilakukan?

Hal-hal yang disukai sebagai hobi tetap perlu dibiasakan untuk mengusir stres. Luangkan sedikit waktu Anda dari rutinitas harian untuk menjalani hobi tersebut. Atur waktu Anda agar tetap produktif sekaligus bahagia.

Dari sekian banyak hobi yang ada, kami merangkum 5 hobi produktif yang bisa dilakukan ibu rumah tangga di sela kesibukan. Meskipun lebih banyak berkegiatan di rumah, Anda juga berkesempatan mendulang penghasilan tambahan dengan cara ini, lho. Tertarik? Mari kita simak! 

Memasak dan Membuat Kue

hobi memasak dan membuat kue

Hobi memasak dan membuat kue. (Sumber: kisah.top)

Anda yang hobi bereksperimen di dapur bisa memanfaatkan satu waktu untuk tiga tujuan berbeda. Pertama, untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga; kedua, untuk memuaskan passion pribadi; dan ketiga, untuk berbagi kenikmatan dengan cara berwirausaha.

Dewasa ini, banyak media yang mewadahi Anda untuk berbagi resep masakan dengan sesama pehobi kuliner. Selain melatih skill, Anda juga bisa berkawan dengan teman-teman baru dan berdiskusi tentang trik-trik memasak. Keluarga juga akan senang dengan masakan yang nikmat dan variatif, terlebih lagi jika Anda menyeriusinya dengan membuka bisnis kuliner. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui!

Menjahit pakaian

hobi menjahit pakaian

Hobi menjahit pakaian. (Sumber: Femside)

Lain halnya dengan Anda yang mencintai dunia fesyen. Anda akrab dengan benang, bahan kain, mesin jahit, dan pola busana. Kreativitas dan passion Anda terfasilitasi melalui kebebasan berekspresi dalam jahitan pakaian.

Dengan hobi ini, Anda bisa menghemat pengeluaran keluarga dengan menjahit pakaian sendiri sesuai keinginan. Tidak perlu lagi deh sering-sering belanja ke mall. Selain itu, Anda juga bisa menjahit pakaian untuk orang lain, baik sebagai hadiah maupun sebagai barang dagangan. Orang yang menerimanya akan lebih terkesan karena pakaian tersebut homemade dan handmade.

Membuat kerajinan tangan

hobi kerajinan tangan

Hobi membuat berbagai kerajinan tangan. (Sumber: Melindacare)

Hobi ini mencakup banyak keterampilan tangan dengan ide yang hampir tidak terbatas. Anda terbiasa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar, bereksperimen dengan teknik-teknik pengolahan, dan menjadikannya barang-barang fungsional.

Kerajinan tangan seperti menyulam, merajut, menganyam, dan lain sebagainya ini cukup menyenangkan untuk dilakukan, akan tetapi butuh lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya. Apabila Anda berminat untuk menjadikannya sebagai ladang bisnis, pastikan jadwal hobi ini tidak mengganggu kewajiban utama Anda, ya.

Dekorasi rumah D.I.Y

hobi dekorasi rumah

Hobi membuat dekorasi rumah sendiri. (Sumber: The Budget Decorator)

Memiliki rumah yang nyaman dan enak dilihat adalah impian semua orang. Bersyukurlah apabila Anda berminat dalam desain interior dan dekorasi sekaligus menggelutinya sebagai hobi. Ide-ide desain ruangan akan banyak mengalir dalam benak dan bisa segera direalisasikan!

Anda yang hobi mendekorasi rumah akan berpikir kreatif agar suami, anak, dan tamu betah di istana Anda. Anda tahu bahwa selain membeli furnitur dan perlengkapan lainnya di toko, Anda juga bisa mendesain dan membuatnya sendiri (DIY: Do It Yourself). Saat ini di internet sangat banyak inspirasi dekor rumah D.I.Y yang bisa diterapkan di rumah. Dengan perabotan yang di-custom, tentu fungsinya akan lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menggambar dan melukis

hobi melukis

Hobi melukis bisa melepas penat. (Sumber: Blog Ruparupa.id)

Bakat seni visual yang mengalir dalam diri Anda sebaiknya jangan disia-siakan! Luapkan pikiran, perasaan, dan emosi lewat goresan-goresan indah di atas kertas dan kanvas. Setelahnya Anda akan merasa lebih lega karena berhasil mengekspresikan diri dan berbagai cerita hidup.

Kreativitas Anda dalam menggambar dan melukis ini bisa diturunkan kepada anak. Anda juga bisa menambah penghasilan dengan menjadi guru menggambar bagi anak-anak di tempat kursus. Pekerjaan yang berawal dari hobi pastinya akan menyenangkan dan tidak terasa membebani.

Nah, adakah hobi Anda di atas? Apapun itu, jalani hobi Anda tanpa mengabaikan kewajiban utama agar rumah tangga tetap berjalan sebagaimana mestinya, ya.

 

Referensi: Ummi Online



Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published