Tuangkan Ide Kreatif dan Inovatif Anda dalam Karya di Hari Inovasi Indonesia – Engrasia
Cart 0
Whatsapp: 081297175060

Reliable both quality and the price, as well as...
- Fitri, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Barang Sesuai gambar. Thanx Engrasia ;) Rating:...
- Hanly, Malang (TrustSpot Verified ✓)

Saya puas dg kerajinan pembatik Indonesia yg be...
- Natalia Dwi Cahyani, Surabaya (TrustSpot Verified ✓)

Tuangkan Ide Kreatif dan Inovatif Anda dalam Karya di Hari Inovasi Indonesia

Dita Nadya Ardiyani

Ada apa di tanggal 1 November?

Sejak 2015 lalu, Handi Irawan, chairman dari Tera Foundation, menetapkan tanggal ini sebagai hari inovasi yang diperingati para pelaku bisnis dan industri kreatif di Indonesia. Dengan ini, baik individu maupun pemilik merek semakin termotivasi untuk berinovasi di berbagai lini, antara lain budaya, ide, produk, juga layanan.

Budaya berinovasi ini harus dipelihara agar perkembangan terus berjalan maju dan tidak berhenti di tempat. Temukan hal-hal baru yang tidak terpikirkan oleh orang lain sebelumnya agar nama Anda pun semakin berkibar.

Di bawah ini, kami akan menyampaikan langkah-langkah berinovasi melalui karya berdasarkan misi dari Hari Inovasi Indonesia, yaitu:

Melihat inovasi sebagai cara mencapai kesuksesan

Jika selama ini Anda menjunjung tinggi comfort zone, sebaiknya segera ubah mindset tersebut. Rasa nyaman seringkali justru mematikan kreativitas dan mengabaikan hal-hal yang seharusnya diperlukan.

Perhatikan contoh berikut ini. Seorang pembatik sudah bertahun-tahun sukses berkarya dan membuka toko di kotanya. Penghasilan setiap bulannya pun cukup besar dan jumlahnya cenderung tetap. Pelanggannya pun sudah banyak. Produk dan sistem yang berjalan tergolong baik dan terbukti menghasilkan. Nyaman sekali, ya?

Namun, perlu diingat bahwa tidak adanya perubahan adalah tanda stagnansi. Jangan terlalu cepat merasa puas karena sebenarnya masih banyak yang bisa dieksplorasi. Raihlah kesuksesan di depan mata dengan menelurkan karya yang penuh inovasi baru.

Produktif dan kreatif dalam menciptakan ide

Jika belum menemukan ide inovasi yang tepat, jangan menyerah. Teruslah berpikir kreatif secara produktif dengan membaca, mencari inspirasi, berbincang dengan penggiat serupa, atau mempelajari perilaku masyarakat. Pasti Anda akan mendapatkan pelajaran dari sana.

Setidaknya, Anda bisa membayangkan inovasi di bidang apa yang harus dibuat. Yang terpenting, perubahan tersebut memiliki dasar yang kuat dan tidak sekadar ikut-ikutan belaka!

Misalnya, Anda selama ini rutin membatik di atas kain. Ternyata, saat ini masyarakat menggemari case ponsel bergambar. Adalah sebuah ide yang menarik untuk membuat pola batik di atas case ponsel berbahan dasar plastik!

Merealisasikan ide inovatif menjadi nyata, baik berupa produk atau jasa

Apalah artinya mencetuskan ide inovatif tetapi tidak direalisasikan, rencana bisa tinggal wacana. Segera setelah Anda mendapat ide, sebaiknya breakdown ide tersebut menjadi rencana aplikatif dan praktikkan!

Anggaplah Anda adalah sang pembatik yang memiliki ide seperti di poin kedua. Pelajarilah cara menggambar pola batik di atas case plastik, media pewarnaan seperti apa yang cocok, motif apa yang menarik, serta langkah-langkah pembuatannya.

Teruslah bereksplorasi dan mencoba, setelah Anda yakin Anda pun bisa meluncurkan karya kreatif dan inovatif ke khalayak ramai. Siap-siap menghadapi responnya, ya!

 

Referensi: hari-inovasi.com



Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published