Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Kenali 6 Jenis Rok Wanita Berdasarkan Bentuknya, Yuk!

Kenali 6 Jenis Rok Wanita Berdasarkan Bentuknya, Yuk!

Kenali 6 Jenis Rok Wanita Berdasarkan Bentuknya, Yuk!

Rok adalah salah satu fashion item yang akrab dengan wanita. Sejak masih kanak-kanak hingga dewasa, rok selalu menjadi pilihan dalam berbusana.

Nah, meskipun sudah mengenal rok sejak lama, apakah Anda sudah tahu jenis rok berdasarkan bentuknya? Agar tidak hanya tahu rupa tapi tidak tahu nama, yuk berkenalan dengan beberapa jenis rok yang sering dipakai berikut ini!

Pleated (Lipit/Rempel)

rok rempel

Rok lipit/rempel. (Sumber: SheIn.com)

Dari bentuknya, Anda pasti mengenal jenis rok ini sebagai rok seragam sekolah. Padahal, rok ini juga cocok dikenakan untuk tampilan kasual dan semiformal, lho. Namanya adalah pleated skirt atau rok rempel/lipit. Ciri khasnya yaitu adanya lipatan-lipatan yang terbentuk secara vertikal. Biasanya panjang rok ini menutupi lutut atau sedikit di atasnya.  

A Line

rok a line

Rok A Line. (Sumber: Elizabeth's Custom Skirts)

Nama A Line berasal dari bentuk rok yang menyerupai huruf A. Rok jenis ini memang dapat dikenali dari bentuknya yang lebar dan rata di bagian bawah. Rok A Line cocok untuk berbagai variasi ukuran panjang, baik selutut, sebetis, hingga menutupi pergelangan kaki. Jika Anda ingin menghadiri acara yang bersifat kasual atau semiformal, rok ini bisa menjadi pilihan.

Pencil (Span)

Rok pensil

Rok pensil/span. (Sumber: Nyandcompany.com)

Rok pensil atau yang akrab disebut rok span di Indonesia ini mengikuti bentuk tubuh sehingga terkesan ketat. Umumnya panjang rok ini menutupi lutut tetapi bisa dimodifikasi hingga menutupi mata kaki. Rok ini memberi tampilan formal sehingga sering dikenakan ke kantor atau acara profesional lainnya.

Bubble (Balon)

rok balon

Rok bubble (balon). (Sumber: Pinterest)

Rok bubble yang menggelembung seperti balon ini memiliki bagian pinggang yang elastis. Rok ini juga memiliki lipatan yang masuk ke bagian dalam. Umumnya panjang rok balon menutupi lutut dan terbuat dari satin sehingga memberikan kesan elegan dan mewah.

Flared (Layang)

rok flare

Rok flared. (Sumber: Pinterest)

Rok flared ini sekilas menyerupai rok A Line dengan bagian bawah yang lebih lebar dan terkesan melayang. Panjang rok ini bervariasi, bisa di atas lutut, selutut, sebetis, atau semata kaki. Rok jenis ini cocok dikenakan untuk menghadiri acara formal karena dapat memberikan kesan anggun.

Circular (Melingkar)

Rok Melingkar

Rok melingkar. (Sumber: Pinterest)

Rok circular memiliki bentuk yang melingkar dan bergelombang. Rok ini beredar dengan panjang bervariasi, dari selutut hingga semata kaki. Rok melingkar ini pas dikenakan untuk menghadirkan tampilan semi formal maupun kasual.

Sekarang, sudah tahu kan nama dan perbedaan bentuk keenam jenis rok di atas? Setelahnya Anda bisa memadu padankan rok sesuai dengan acara dan kesan yang ingin ditampilkan. Selamat mencoba!


Referensi: Okezone Lifestyle

Leave a comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

All comments are moderated before being published.

Read more

Mari Berbagi Kasih Sayang Kepada Orang di Sekitar Kita

Mari Berbagi Kasih Sayang Kepada Orang di Sekitar Kita

Hari kasih sayang sering diperingati pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Namun, jangan jadikan tanggal tersebut sebagai batasan untuk tidak berkasih sayang di hari-hari lainnya. Seyogyanya, k...

Read more
Tari Lenggang Cisadane? Ya Kota Tangerang yang Punya!

Tari Lenggang Cisadane? Ya Kota Tangerang yang Punya!

Seolah tak ingin kalah dengan daerah lain, Kota Tangerang yang terletak di sebelah barat Jakarta ini juga memiliki tarian daerah sendiri, lho. Tarian tersebut bernama tari Lenggang Cisadane yang me...

Read more