Berada di 5 Kota ini Saat Ramadhan? Menu Takjil Khasnya Tak Boleh Anda – Engrasia
Cart 0
Whatsapp: 081297175060

terima kasih, respon & pengiriman cepat dan...
- Indra Tjahjani, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Very fast response and delivery, superb!! Ratin...
- Harry Ibrahim, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Batik nya bagus2,tolong perbanyak indigo. Ratin...
- Ine Wardhana, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Very trusted! Always up to date. Rating: ★★★★★
- Katarina Elim, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Batik sangat beragam dengan harga sangat terjan...
- Yulia Arseno, Tangerang (TrustSpot Verified ✓)

Puas dengan pelayanan yg cepat. Dan selain cora...
- Angelina Zanita Niken, Yogyakarta (TrustSpot Verified ✓)

Batiknya bagus2. Harganya OK. Servisnya OK bang...
- Lily Sumichan, Denpasar (TrustSpot Verified ✓)

Sungguh professional. Kain-kain yang dipesan se...
- Sofia, Malaysia (TrustSpot Verified ✓)

Reliable both quality and the price, as well as...
- Fitri, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Barang Sesuai gambar. Thanx Engrasia ;) Rating:...
- Hanly, Malang (TrustSpot Verified ✓)

Saya puas dg kerajinan pembatik Indonesia yg be...
- Natalia Dwi Cahyani, Surabaya (TrustSpot Verified ✓)

Berada di 5 Kota ini Saat Ramadhan? Menu Takjil Khasnya Tak Boleh Anda Lewatkan!

Dita Nadya Ardiyani

Kolak, biji salak, es kelapa muda, dan gorengan adalah beberapa macam takjil yang sudah tidak asing di lidah. Menu tersebut mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia dan banyak diperjualbelikan menjelang berbuka.

Jika Anda sedang berada di kota lain saat berpuasa, sangat disayangkan jika Anda membatalkan puasa dengan menu yang itu-itu saja. Kenyataannya, setiap daerah memiliki menu takjil khasnya masing-masing, lho!

Kami telah merangkum 5 kota dengan takjil unik yang relatif jarang ditemui di tempat lain. Apabila tempat Anda berada saat ini turut disebutkan dalam informasi berikut, sempatkan mencoba takjilnya, ya!

Medan: Jongkong

jongkong

Jongkong pandan. (Sumber: Resepcaramasak.com)

Kudapan manis berwarna hijau ini banyak ditemui di kota Medan. Berbahan dasar tepung beras, air, dan daun pandan, jongkong memiliki tekstur lembut dan kental. Aromanya yang wangi sangat menggugah selera. Setelah dikukus hingga matang, jongkong dilengkapi dengan topping lezat, antara lain: santan, parutan kelapa, gula pasir, dan gula merah. Dari penjelasannya saja sudah menggiurkan, apalagi mencobanya langsung, ya?

Padang: Bubur Kampiun

bubur kampiun

Bubur kampiun. (Sumber: Masakandapurku.com)

Bubur yang menjadi juara (champion = kampiun) pada perlombaan pascaperang di tahun 1960an ini menjadi takjil andalan di Padang dan wilayah Sumatera Barat lainnya. Bubur ini cocok untuk Anda yang ingin langsung kenyang setelah berbuka puasa karena isinya sangat beragam hingga memenuhi mangkuk. Bubur kampiun biasanya terdiri atas candil, ketan hitam, pisang, bubur sumsum, dan kolak ubi yang disiram dengan kuah gula merah bersantan. Slurrp!

Yogyakarta: Kicak

kicak

Kicak. (Sumber: Mewdavinci.com)

Kicak adalah jajanan khas Yogyakarta yang hanya dijual di bulan Ramadhan. Jajanan ini bisa ditemui di sudut-sudut pasar tradisional atau di stan penjual takjil yang banyak tersebar di penjuru kota. Awalnya kicak terbuat dari singkong, tetapi kini mengalami modifikasi menjadi campuran ketan dan kelapa parut. Rasa manisnya dihadirkan oleh campuran buah nangka, gula, vanili, dan daun pandan.

Gresik: Bongko Kopyor

Bongko kopyor

Bongko Kopyor. (Sumber: Blog i-Kuliner)

Tidak seperti es kopyor yang biasa kita temui, panganan manis asal Gresik ini memadukan daging kelapa kopyor dengan tepung terigu, nangka, roti tawar, dan potongan pisang. Bongko kopyor disajikan dalam bungkusan daun pisang. Adanya roti tawar dan potongan pisang membuat panganan ini cukup menyenangkan untuk dimakan sebagai menu berbuka puasa.

Bali: Sate susu

sate susu

Sate susu. (Sumber: Kompas Travel)

Jika biasanya sate terbuat dari daging dan kulit luar, berbeda dengan sate khas Bali yang satu ini. Sate ini menggunakan kulit sapi bagian susu yang dipotong kecil-kecil, dibumbui, ditusuk, dan dibakar. Terdapat dua pilihan bumbu, yaitu bumbu Bali dan bumbu kuning kental seperti sate Padang. Biasanya sate ini dinikmati hangat-hangat dengan lontong. Anda bisa menemukan hidangan ini di kawasan Kampung Jawa saat bulan Ramadhan.

Selain lima menu takjil khas yang disebut di atas, kami yakin masih banyak lagi menu lain yang patut dicoba. Apakah Anda tahu? Jangan lupa berbagi di kolom komentar, ya! ;)

Referensi: Kumparan.com, TripTrus.com



Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published