Punya Kain Batik Nganggur? Yuk, Olah Jadi Dompet dan Tas Cantik! – Engrasia
Cart 0
Whatsapp: 081297175060

Punya Kain Batik Nganggur? Yuk, Olah Jadi Dompet dan Tas Cantik!

Dita Nadya Ardiyani

Punya kain batik yang belum pernah terpakai dan hanya tersimpan di lemari? Atau ada celana dan baju batik yang sudah tidak muat di tubuh tapi sayang rasanya jika disumbangkan? Daripada menumpuk, kain batik tersebut bisa Anda daur ulang menjadi bentuk yang lebih cantik, lho!

Beberapa jenis aksesoris fungsional di bawah ini bisa dibuat dengan memanfaatkan kain batik sisa. Cukup siapkan alat jahit sederhana dan pernak-pernik sesuai selera Anda, lalu tuangkan kreativitas desain ke dalamnya.

Yuk, simak langkah-langkah penjahitan yang dilansir dari Vemale.com berikut ini!

Dompet uang receh

dompet batik

Dompet uang receh. (Sumber: Uniquebatik.us)

Aksesoris satu ini dapat dibuat dengan pola kotak yang disatukan dan dijahit di bagian tepi. Anda bisa menambahkan spons agar bagian dalam dompet tidak terlalu tipis dan mudah robek. Tambahkan kain batik yang dipotong pipih dan dijahit memanjang sebagai tali pegangan. Jahit tali pegangan tersebut di salah satu sisi dompet. Bagian tersulit adalah menjahit resleting. Jika masih gagal, teruslah mencoba!

Kantong mini serbaguna

kantong mini

Kantong mini. (Sumber: Uniquebatik.us)

Jika Anda suka membawa snack, permen, atau barang-barang berukuran kecil lainnya, kantong mini ini adalah solusi hemat nan ramah lingkungan. Ambil kain batik sisa Anda dan jahit menyerupai kantong kecil. Kelim bagian atas dan jahit bagian tepinya. Gunakan sedikit sisa kain sebagai tali pengikat. Jadi, deh!

Gantungan tas

gantungan tas

Gantungan tas lucu. (Sumber: Uniquebatik.us)

Lucunya gantungan tas berbentung kantong mini seperti gambar di atas bisa Anda buat sendiri di rumah. Bentuk pola kotak pada dua kain terpisah untuk membentuk sisi depan dan belakang. Jahit keduanya di tepi kiri, kanan, dan bawah sehingga menjadi kantong terbuka. Untuk penutup, bentuk pola segitiga dengan jahitan tepi lalu jahit di bagian belakang kantong.

Pouch ponsel

pouch hp

Pouch ponsel. (Sumber: Uniquebatik.us)

Ponsel Anda sering jatuh? Selamatkan keberadaannya dengan pouch imut dari batik. Buat pola kotak membentuk kantung sesuai ukuran ponsel. Jahit tepiannya dan kelim bagian atas membentuk lubang panjang. Manfaatkan sisa kain sebagai tali dan masukkan ke lubang panjang sebagai pengikat serut.

Tas selempang mini

tas selempang mini

Tas selempang praktis. (Sumber: Uniquebatik.us)

Bepergian hanya membawa dompet dan ponsel akan terasa praktis dengan tas mini ini. Padukan beberapa kain batik dengan motif berbeda, bentuk pola sesuai keinginan, dan jahit di bagian-bagian yang terpisah. Lengkapi tas dengan tali panjang yang kuat seperti tali kasur atau tali sepatu. Jangan isi tas hingga terlalu berat agar tidak jebol.

Dengan membuat aksesoris di atas, Anda akan mendapatkan dua hal: keterampilan baru dan barang baru. Selamat mencoba!

Referensi: Vemale.com



Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published