Butuh Inspirasi Berkebaya? 5 Gaya Ini Bisa Anda Coba – Engrasia
Cart 0
Whatsapp: 081297175060

Barang Sesuai gambar. Thanx Engrasia ;) Rating:...
- Hanly, Malang (TrustSpot Verified ✓)

Saya puas dg kerajinan pembatik Indonesia yg be...
- Natalia Dwi Cahyani, Surabaya (TrustSpot Verified ✓)

Butuh Inspirasi Berkebaya? 5 Gaya Ini Bisa Anda Coba

Dita Nadya Ardiyani

Sebelumnya Anda telah kami perkenalkan dengan 6 jenis desain kebaya yang sering muncul. Kini saatnya Anda mengenal gaya berkebaya yang bisa dicoba. Namun,sudahkah Anda memahami perbedaan antara desain dan gaya kebaya?

Desain adalah suatu komposisi karya seni yang mengandung pola dan elemen, sementara gaya adalah cara untuk menampilkan sesuatu. Umumnya gaya merupakan kombinasi antara desain dan cara pakai yang terkait konteks, budaya, maupun preferensi pribadi. Tak jarang pula suatu desain dimodifikasi agar lebih sesuai dengan gaya yang diinginkan.

Di bawah ini, kami telah mengumpulkan 5 gaya berkebaya yang bisa menginspirasi Anda. Simak, yuk!

Gaya Bandung

gaya kebaya bandung melayu

Gaya kebaya Bandung. (Sumber: Pinterest)

Namanya memang Bandung, tapi gaya kebaya ini berasal dari Malaysia dan Singapura. Kebaya ini pendek di belakang dan panjang di bagian depan. Gaya ini menonjolkan keindahan lekuk tubuh sehingga banyak dipakai oleh para selebritis di era ‘50an. Gaya Bandung juga dikenal dengan kerah V berkancing dan kain brokat.

Gaya Kartini

gaya kebaya kartini

Gaya kebaya Kartini dalam film Kartini. (Sumber: Bahanafm.com)

Sesuai namanya, gaya kebaya ini diperkenalkan dan dipopulerkan oleh Ibu Kartini dan kalangan wanita di sekitarnya. Kebaya ini sama panjang baik di bagian depan maupun belakang. Agar tidak terlalu polos, gaya kebaya ini dihiasi mote dari leher, dada, hingga ujung bawah.

Gaya Kraton

gaya kebaya kraton

Gaya kebaya kraton Jawa. (Sumber: Pinterest)

Gaya kebaya ini awalnya dikenakan oleh bangsawan kraton tetapi banyak dipergunakan sebagai busana pengantin hingga saat ini. Kebaya ini panjangnya menutupi panggul bahkan lutut dan terbuat dari kain beludru warna gelap. Kesakralan gaya kebaya ini juga dilengkapi dengan ornamen emas yang berkesan mewah.

Gaya Indo

gaya kebaya indo

Gaya kebaya Indo. (Sumber: Blog Bangkalan Memory)

Gaya kebaya Indo dipopulerkan oleh wanita Belanda, kaum peranakan, dan pribumi yang pendidikannya berorientasi ke dunia barat. Gaya ini berhias bunga yang mirip dengan kebaya encim tetapi rata di bagian bawahnya. Bahan kebaya Indo umumnya tipis dan berwarna putih serta dihiasi renda di tepinya.

Gaya Encim

gaya kebaya encim

Gaya kebaya Encim. (Sumber: Jawa Pos)

Gaya kebaya Encim populer di kalangan wanita Tionghoa peranakan. Kebaya ini meruncing di ujung, menyempit di pinggang, dan melebar di panggul. Kebaya ini dipenuhi bordir dan renda berbunga-bunga. Umumnya kain kebaya berwarna pastel. Sangat cantik dan feminin!

Itulah kelima gaya berkebaya yang bisa Anda coba. Selamat berkreasi :)


Referensi: Tabloid Simpang 5



Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published