Liburan Seru di Jakarta #1: Setu Babakan – Engrasia
Cart 0
Whatsapp: 081297175060

Pemesanan & Pengiriman mudah, cepat, batikn...
- Rosalina Martana, Bandung (TrustSpot Verified ✓)

Excellent. Rating: ★★★★★
- Lenni Winarni, Malang (TrustSpot Verified ✓)

terima kasih, respon & pengiriman cepat dan...
- Indra Tjahjani, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Very fast response and delivery, superb!! Ratin...
- Harry Ibrahim, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Batik nya bagus2,tolong perbanyak indigo. Ratin...
- Ine Wardhana, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Very trusted! Always up to date. Rating: ★★★★★
- Katarina Elim, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Batik sangat beragam dengan harga sangat terjan...
- Yulia Arseno, Tangerang (TrustSpot Verified ✓)

Puas dengan pelayanan yg cepat. Dan selain cora...
- Angelina Zanita Niken, Yogyakarta (TrustSpot Verified ✓)

Batiknya bagus2. Harganya OK. Servisnya OK bang...
- Lily Sumichan, Denpasar (TrustSpot Verified ✓)

Sungguh professional. Kain-kain yang dipesan se...
- Sofia, Malaysia (TrustSpot Verified ✓)

Reliable both quality and the price, as well as...
- Fitri, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Barang Sesuai gambar. Thanx Engrasia ;) Rating:...
- Hanly, Malang (TrustSpot Verified ✓)

Saya puas dg kerajinan pembatik Indonesia yg be...
- Natalia Dwi Cahyani, Surabaya (TrustSpot Verified ✓)

Liburan Seru di Jakarta #1: Setu Babakan

Dita Nadya Ardiyani

Tidak terasa, tahun 2016 sudah memasuki bulan Juni. Selain bulan Ramadhan yang akan dihadapi oleh Anda yang memeluk agama Islam, bulan ini juga akan diisi oleh saat-saat yang paling dinanti oleh anak-anak Anda yang bersekolah. Ya, apalagi kalau bukan liburan!

Mulai hari ini hingga minggu keempat Juni, kami akan menerbitkan seri artikel Liburan Seru di Jakarta dalam rangka perayaan ulang tahun ibukota ke-489 yang jatuh pada tanggal 22. Sangat disayangkan apabila kita tidak mengetahui budaya asli ibukota negara sekaligus kota yang hampir setiap hari dituju untuk beraktivitas. Jadi, ikuti terus ulasan destinasi liburan yang seru dan bermanfaat dari kami setiap minggunya. :)

Setu Babakan
Setu Babakan. (Sumber: Keypoo)

Pada edisi pertama ini, kami akan membahas mengenai Setu Babakan, sebuah kampung budaya Betawi yang berlokasi di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Destinasi ini memiliki sebuah danau sebagai objek wisata utama. Danau yang dialiri air dari Kali Ciliwung ini menyediakan sepeda air untuk berkeliling, area pancing, dan tempat berkumpul di tepinya. Untuk menikmati tenangnya danau ini, Anda tidak perlu membayar tiket masuk, tapi tetap siapkan dana untuk biaya transportasi wisatanya, ya.

Namun, ternyata tidak hanya keindahan dan ketenangan lingkungan danau saja yang ditawarkan oleh Setu Babakan. Lalu, apa lagi yang bisa Anda dan keluarga lakukan di sana?

Mengunjungi dan merasakan langsung suasana perkampungan Betawi asli

Rumah Khas Betawi
Rumah khas betawi. (Sumber: Beritasatu)

Jika selama ini Anda hanya melihat suasana perkampungan Betawi di sinetronSi Doel Anak Sekolahan, misalnyaAnda bisa mengalaminya langsung di Setu Babakan. Kawasan ini dihuni oleh sekitar 3.000 kepala keluarga dan sebagian besarnya adalah asli Betawi. Agar suasana Betawi banget makin terasa, rumah-rumah juga didesain dan dihias sebagaimana rumah adat Betawi asli, lho! Seru sekali jika Anda dan keluarga berfoto di rumah-rumah tersebut dan berpose seperti layaknya adegan sinetron dengan latar belakang budaya Betawi.

Menyaksikan pementasan kesenian khas Betawi

Pentas Seni Betawi
Pentas seni betawi. (Sumber: Kompas Travel)

Kesenian khas Betawi seperti lenong, tanjidor, ondel-ondel, gambang kromong, tari cokek, bisa Anda saksikan di sini. Tak hanya menonton pementasan, Anda dan keluarga juga bisa belajar dan berlatih dengan mengikuti sanggar seni dan tari yang terdapat di Setu Babakan. Dengan berpartisipasi, tentu pengalaman akan bertambah dan siapa tahu ternyata anak Anda berbakat menari. :)

Menyaksikan jalannya prosesi adat Betawi

Prosesi Palang Pintu
Prosesi palang pintu. (Sumber: Blog Niedhanie)

Seperti adat dari etnis lainnya di Indonesia, terdapat prosesi-prosesi yang mengiringi kehidupan masyarakat Betawi. Prosesi tersebut antara lain berpantun, palang pintu, lamaran, pernikahan, khitanan, maupun bertanding pencak silat. Semua bisa Anda saksikan di sini, dan lihat betapa kreatif dan uniknya masyarakat Betawi (terutama dalam berpantun)!

Mencicipi kuliner asli Betawi

Es Selendang Mayang
Es selendang mayang. (Sumber: Ensiklopedia Indonesia)

Kerak telor, es selendang mayang, bir pletok, ketoprak, soto betawi, roti buaya, nasi uduk, nasi ulam, hmm apa lagi, ya? Masih banyak lagi yang bisa disebutkan. Intinya, dengan datang ke Setu Babakan, Anda dan keluarga bisa memperluas khazanah kuliner yang memanjakan lidah!

Membuat batik Betawi

Para Ibu Membuat Batik Betawi
Para Ibu membuat batik Betawi. (Sumber: Anything Jakarta)

Eits, Betawi juga punya batik, lho! Batik Betawi memiliki ornamen-ornamen khas seperti Tumpal (motif segitiga berderet di tepi kain) dan burung hong. Di Setu Babakan, Anda dan keluarga bisa membeli batik Betawi sebagai cinderamata ataupun ikut mempelajari cara membuatnya di sanggar yang tersedia.

Lengkap sekali, ya, wisata budaya Betawi di Setu Babakan ini. Segera agendakan bersama keluarga dan tunggu edisi Liburan Seru di Jakarta minggu depan!



Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published