Jangan Panik! Ini 5 Tips Mengurus Rumah Ketika Ditinggal Asisten Mudik – Engrasia
Cart 0
Whatsapp: 081297175060

Sungguh professional. Kain-kain yang dipesan se...
- Sofia, Malaysia (TrustSpot Verified ✓)

Reliable both quality and the price, as well as...
- Fitri, Jakarta (TrustSpot Verified ✓)

Barang Sesuai gambar. Thanx Engrasia ;) Rating:...
- Hanly, Malang (TrustSpot Verified ✓)

Saya puas dg kerajinan pembatik Indonesia yg be...
- Natalia Dwi Cahyani, Surabaya (TrustSpot Verified ✓)

Jangan Panik! Ini 5 Tips Mengurus Rumah Ketika Ditinggal Asisten Mudik Lebaran

Dita Nadya Ardiyani

Ditinggal asisten mudik menjelang Lebaran mungkin sudah biasa Anda alami. Namun, sudahkah Anda mengatasinya dengan tepat? Atau malah kelimpungan setiap tahunnya?

Tahun ini, jangan sampai terjadi lagi, deh. Hindari kondisi rumah yang berantakan dengan 6 tips mengurus rumah tanpa asisten berikut ini. Anda pun bisa lebih fokus mempersiapkan hari raya. Simak, yuk!

Atur jadwal kepulangan asisten

Sejak awal dan pertengahan bulan Ramadhan, tanyakan kapan asisten tersebut akan mudik beserta tanggal rincinya. Tetapkan pula batas waktu sang asisten tersebut harus sudah kembali ke rumah Anda. Dengan cara itu, Anda bisa memperkirakan berapa lama Anda dan keluarga harus mengurus rumah sendiri. Selain itu, kalaupun asisten berencana untuk tidak kembali, Anda bisa segera mencari penggantinya.

Atur jadwal cuti

Bila Anda dan suami bekerja di luar rumah, aturlah jadwal cuti agar bisa mengurus rumah bersama-sama. Kalaupun tidak bisa cuti bersamaan, maka cutilah secara bergantian agar tugas rumah tangga tetap terlaksana. Yang penting, jangan bekerja di waktu yang sama. Bisa-bisa, rumah dipenuhi sarang laba-laba!

Bagi tugas dengan anggota keluarga

Berikan pengertian kepada suami dan anak bahwa tanggung jawab mengurus dan membersihkan rumah adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab sang ibu. Bagi tugas sesuai tenaga dan keahlian agar kegiatan dapat berjalan secara paralel. Misalnya, ayah mengerjakan tugas-tugas terkait pertukangan dan kelistrikan, ibu menyetrika dan memasak, serta anak menyapu dan mencuci piring.

Belanja bahan makanan dan memasak sendiri

Sudah mendapat THR bukan berarti boleh berfoya-foya dengan makan di luar rumah atau delivery terus menerus, lho. Lakukan penghematan dengan berbelanja bahan makanan untuk beberapa hari sekaligus. Setelahnya, masaklah di dapur sendiri! Cara ini memang cukup melelahkan tapi terbilang aman untuk kantong. Lagipula, memasak bisa menjadi momen yang mendekatkan anggota keluarga. Menyenangkan!

Manfaatkan jasa binatu

Jika tugas rumah tangga masih juga terlalu banyak sehingga kegiatan cuci-mencuci terabaikan, manfaatkanlah jasa binatu kiloan yang ada di dekat rumah. Usahakan untuk memasukkan cucian beberapa hari sebelum Lebaran untuk menghindari kios yang keburu tutup. Agar cucian tidak terlalu banyak, jangan terlalu sering berganti pakaian (kecuali dalaman), ya.

Nah, itu dia kelima tips yang bisa Anda coba di rumah. Selamat bertugas dan selamat mempersiapkan hari raya! :)

 

Referensi: Blog Bacaan Keluarga



Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published