Tak Hanya Telur Hias, Ini 5 Tradisi Unik Perayaan Paskah di Seluruh Dunia – Engrasia
Cart 0
Whatsapp: 081297175060

Tak Hanya Telur Hias, Ini 5 Tradisi Unik Perayaan Paskah di Seluruh Dunia

Dita Nadya Ardiyani

Setiap tahunnya, rangkaian hari Paskah yang diperingati umat Kristiani dirayakan dengan berbagai tradisi. Salah satu tradisi yang populer sejak ratusan tahun lalu di berbagai negara adalah menghias telur, yang turut diramaikan oleh keberadaan kelinci-kelinci menggemaskan.

Selain itu, ternyata beberapa negara juga memiliki tradisi paskah tersendiri, lho. Seperti kelima negara berikut ini!

Yunani - Membuang kendi tanah liat

Yunani buang kendi tanah liat

Membuang kendi tanah liat dan peralatan dapur lain. (Sumber: Shopback.com)

Di negara yang terkenal dengan mitologinya ini, membuang kendi tanah liat menjadi kewajiban di hari Paskah. Selain kendi tanah liat, masyarakat Yunani juga melempar penggorengan dan peralatan dapur lain sebagai tanda menyambut musim panen yang baru. Setelahnya, mereka akan membeli peralatan baru untuk menampung dan mengolah hasil panen.

Polandia - Muda-mudi menyiramkan air

Polandia siram air

Saling menyirami air agar segera menikah. (Sumber: Womansday.com)

Paskah di Polandia selalu ‘basah’. Hal ini disebabkan oleh tradisi uniknya, yaitu para pemuda dan pemudi saling menyiramkan air menggunakan ember maupun pistol air. Mereka percaya bahwa siapapun yang tubuhnya paling basah saat itu, akan menikah di tahun berikutnya. Hmm, semoga saja, ya!

Perancis - Membuat omelet raksasa

Perancis omelet raksasa

Omelet raksasa untuk dimakan ramai-ramai. (Sumber: Time.com)

Perayaan Paskah di Perancis dipengaruhi oleh kecintaan Napoleon Bonaparte terhadap omelet. Alkisah, ia sering memerintahkan pasukannya untuk membuat omelet raksasa dan memakannya bersama-sama. Kini, setiap Paskah warga Perancis berkumpul di plaza terbuka dan memasak omelet di kuali raksasa. Tradisi ini bisa menghabiskan sekitar 4.500 butir telur untuk dinikmati 1.000 orang. Wow!

Amerika Serikat - Menggelindingkan telur

Amerika Serikat gelinding telur

Menggelindingkan telur sampai garis finis. (Sumber: Language Connections)

Di Amerika Serikat, telur Paskah tidak hanya dihias tetapi juga digelindingkan! Tradisi ini sudah berusia 130 tahun dan hanya dilakukan oleh anggota keluarga presiden aktif. Mereka berlomba menggelindingkan telur hias dengan sendok raksasa hingga mencapai garis finis. Tradisi ini dilaksanakan di halaman Gedung Putih.

Hungaria - Memercikkan parfum

Hungaria percik parfum

Merayu dengan percikan parfum. (Sumber: Lifeberrys.com)

Berbeda dengan tradisi menyiram air di Polandia, muda-mudi di Hungaria justru memercikkan parfum. Namun, hanya pemuda yang memercikkan parfum tersebut kepada pemudi dan bukan sebaliknya. Parfum tersebut dipercikkan di atas kepala sebagai bentuk rayuan kepada sang pemudi.

Selain kelima negara tersebut, masih banyak negara lain yang memiliki tradisi Paskah unik. Jika Anda tahu salah satunya, yuk sampaikan di kolom komentar!

Akhir kata, selamat memperingati Jumat Agung dan Paskah bagi Anda yang merayakan. :)


Referensi: Shopback.com



Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published