Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Jangan Asal Pakai Masker, Sesuaikan dengan Jenis Kulit Wajah Anda!

Jangan Asal Pakai Masker, Sesuaikan dengan Jenis Kulit Wajah Anda!

Jangan Asal Pakai Masker, Sesuaikan dengan Jenis Kulit Wajah Anda!

Masker wajah yang dijual di pasaran memang menggiurkan untuk dicoba. Tidak hanya karena khasiatnya dalam merawat wajah, uniknya kemasan dan beragamnya kandungan gizi juga membuat kita kewalahan untuk memilih. Padahal, faktor penting dalam pemilihan masker bukanlah kedua hal tersebut. Hati-hati salah pilih!

Seharusnya wujud masker itulah yang kita perhatikan karena terkait erat dengan jenis kulit wajah yang dimiliki. Karenanya, kenali dan pilihlah jenis masker berdasarkan wujudnya agar tidak terjadi iritasi kulit yang membahayakan kesehatan wajah Anda. Simak, yuk, penjelasannya!

Krim

masker krim

Masker krim. (Sumber: Urban Wired)

Masker wajah bertekstur krim yang cair dan kental cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering dan kusam. Masker krim dapat melembabkan dan menyegarkan kulit berkat kandungan minyaknya. Tekstur masker jenis ini juga dapat membantu menjaga kulit agar awet muda, lho!

Sheet

Sheet mask

Masker lembaran. (Sumber: InStyle)

Masker jenis ini mudah dikenali dan ditemukan karena bentuknya yang khas; menyerupai topeng. Sheet mask cenderung menyegarkan karena membuat wajah menyerap nutrisi yang ada pada permukaannya. Masker jenis ini bersifat basah pada awalnya dan mengering setelah beberapa waktu. Untuk Anda yang mencari manfaat lebih dari sekadar menyegarkan, sebaiknya jangan pilih masker lembaran.

Peel off

Masker peel off

Masker peel off. (Sumber: Style Caster)

Kulit wajah berkomedo dan berjerawat? Pilih masker peel off saja! Sesuai namanya, masker ini ‘dikupas’ setelah didiamkan beberapa waktu. Awalnya masker ini bertekstur cair dan lama-kelamaan mengering menyerupai plastik tipis. Pori-pori akan terbuka karena komedo dan jerawat akan terangkat dari kulit bersamaan dengan terkelupasnya masker. Hati-hati perih, ya!

Clay (Liat)

masker clay

Masker clay. (Sumber: Independent.co.uk)

Untuk kulit wajah berminyak dan rentan berjerawat, masker clay solusinya. Masker ini akan membersihkan secara mendalam, yaitu menyerap minyak berlebih di permukaan dan menarik kotoran yang menyumbat pori-pori. Namun, jangan biarkan masker ini mengering sempurna karena dapat membuat kulit iritasi. Sebaiknya segera bilas dengan air hangat saat mulai mengering.

Overnight

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengaplikasikan masker dan menunggu untuk membilasnya kembali, masker overnight bisa menjadi pilihan yang praktis dan hemat waktu. Masker ini bisa dibawa tidur semalaman dan baru dibilas keesokan paginya. Masker malam juga dapat menghidrasi kulit yang mengalami regenerasi saat tidur.

Gel

masker gel

Masker gel. (Sumber: Ecvv.com)

Masker yang satu ini cukup unik. Bentuknya mirip masker lembaran yang berupa topeng tetapi dengan gel di bagian dalamnya. Masker yang menggembung ini berfungsi melembabkan kulit berminyak dan mendinginkan kulit yang panas dan mengalami iritasi. Masukkan masker ini ke dalam freezer untuk sensasi dingin yang paripurna.

Itu dia 6 jenis masker berdasarkan wujudnya yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda. Selamat mencoba dan semoga cocok, ya!

Referensi: Doktercantik.com

Leave a comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

All comments are moderated before being published.

Read more

Memanfaatkan Bahan-bahan di Kulkas untuk Merawat Kecantikan Wajah? Bisa!

Memanfaatkan Bahan-bahan di Kulkas untuk Merawat Kecantikan Wajah? Bisa!

Produk perawatan kulit wajah beredar dalam berbagai bentuk dan kandungan zat. Ada yang berbahan dasar organik dan ada pula yang menggunakan bahan kimia. Produk-produk tersebut telah diolah sedemiki...

Read more
4 Cara Mendidik Anak Agar Mencintai Budaya Tradisional

4 Cara Mendidik Anak Agar Mencintai Budaya Tradisional

Selamat Hari Anak Nasional! Apabila Anda adalah seorang Ibu, apa saja yang telah Anda upayakan dalam mendidik anak? Pendidikan agama, karakter, dan intelektual sudah pasti Anda tanamkan. Selain ket...

Read more