Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Siapakah Sosok di Balik Gemulainya Tari Pendet yang Mendunia?

Siapakah Sosok di Balik Gemulainya Tari Pendet yang Mendunia?

Siapakah Sosok di Balik Gemulainya Tari Pendet yang Mendunia?

Tahukah Anda bahwa Tari Pendet diciptakan oleh gadis Bali asli? Beliau bernama I Wayan Rindi.

Meskipun nama beliau jarang terdengar, beliau punya peranan besar dalam menggubah tarian tradisional yang kini dikenal banyak orang di seluruh dunia. Dalam rangka memperingati Hari Tari Internasional yang jatuh pada 29 April, mari simak kisah hidupnya berikut ini!

I Wayan Rindi

Sosok I Wayan Rindi di masa mudanya. (Sumber: Blog Sejarah Tari Bali)

Masa kecil

I Wayan Rindi (almarhumah) lahir pada 1917 di Banjar Lembah, Denpasar. Seorang penari dari Banjar Tegal Linggah yang melihat kelincahan dan kecerdasan beliau pun mengangkatnya sebagai anak.

Orang tua angkat beliau cukup aktif di dunia tari Bali sehingga Wayan Rindi pun dikenalkan kepada beberapa maestro tari tradisional, di antaranya I Nyoman Kaler dan I Wayan Lotering. Berkat didikan dan ajaran para maestro tersebut, Wayan Rindi pun semakin cinta pada dunia tari. Dari situ, beliau sadar bahwa menari adalah potensi istimewa yang harus beliau kembangkan.

Perkembangan karir tari I Wayan Rindi

Meski berasal dari keluarga yang kurang berada, bakat istimewa beliau berhasil mengubah hidupnya. Nama beliau pun semakin melambung hingga akhirnya dilirik oleh banyak orang dan dikenal sebagai penari berbakat.

Pada usia belasan tahun, beliau mementaskan tari Gandrung Lawangan yang mencengangkan masyarakat Badung yang menyaksikan langsung. I Wayan Rindi terbilang luar biasa untuk penari semuda itu.

Penggubahan tari Pendet

Tari Pendet sebenarnya sudah diciptakan sejak lama, tetapi tidak dipentaskan untuk umum. I Wayan Rindi mengenali potensi tarian ini dan menggubah ulang agar tarian tersebut bisa ditarikan oleh semua orang tanpa kehilangan sisi sakral dan religius.

Sejak 1960an, tari Pendet ditampilkan ke publik sebagai tarian selamat datang, khususnya untuk menyambut tamu penting maupun wisatawan. Tarian ini diajarkan secara turun-temurun oleh senior di banjar-banjar. Siklus tersebut akan terus berulang hingga generasi berikutnya.

Akhir hayat

I Wayan Rindi kemudian aktif menjadi penari, guru seni tari, sekaligus koregrafer yang sangat disegani di Bali. Sampai akhir hidupnya di tahun 1976, sudah banyak tarian baru yang beliau gubah dari tarian lama.

Tari Pendet menjadi peninggalan terbesar yang beliau titipkan pada generasi muda Bali. Hingga kini, tarian tersebut masih dilestarikan dan dipelajari oleh banyak orang.

Semoga apa yang telah beliau perjuangkan sejak dulu akan terus hidup di hati masyarakat Bali dan para turis yang merindukan pulau dewata ini.


Referensi: Boombastis.com

Leave a comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

All comments are moderated before being published.

Read more

Jangan Hanya Menikmati Pementasannya, Cari Tahu Proses Pembuatan Wayang Kulit, Yuk!

Jangan Hanya Menikmati Pementasannya, Cari Tahu Proses Pembuatan Wayang Kulit, Yuk!

Wayang kulit adalah sebuah kesenian tradisional yang berasal dari Indonesia, khususnya Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kehadirannya mewakili kisah Ramayana dan Mahabharata dalam bentuk karya s...

Read more
Mengajar, Cara 'Parto' Menunjukkan Kecintaannya pada Gamelan

Mengajar, Cara 'Parto' Menunjukkan Kecintaannya pada Gamelan

Eksistensi guru berkebangsaan Indonesia yang mengajarkan kesenian lokal di lembaga formal maupun informal seantero nusantara tentu sudah umum adanya. Namun, bagaimana jika guru berkebangsaan asing ...

Read more