Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Bosan Menunggu Adzan Magrib? Coba 5 Ide Ngabuburit Produktif Berikut, Yuk!

Bosan Menunggu Adzan Magrib? Coba 5 Ide Ngabuburit Produktif Berikut, Yuk!

Bosan Menunggu Adzan Magrib? Coba 5 Ide Ngabuburit Produktif Berikut, Yuk!

Ibadah puasa mewajibkan umat Islam untuk menahan lapar dan haus sejak menjelang fajar hingga terbenam matahari. Selama berpuasa sekitar 13 jam, ada kalanya kita tergiur untuk bermalas-malasan. Padahal, selain beribadah, banyak kegiatan yang bisa kita kerjakan agar waktu menjadi lebih bermanfaat, misalnya bekerja.

Namun, bagaimana jika Anda adalah ibu rumah tangga yang lebih banyak beraktivitas di rumah? Jangan khawatir, ada 5 aktivitas yang bisa membuat ngabuburit Anda menjadi lebih produktif. Yuk, dicoba!

Menjual takjil

jual takjil

Menjual takjil di sore hari. (Sumber: Ayopreneur.com)

Jika Anda hobi memasak atau mencintai kuliner, menjual takjil jelang berbuka adalah pilihan yang tepat. Selain mengisi waktu, Anda juga bisa mengumpulkan penghasilan tambahan untuk hari raya. Meskipun banyak saingan, tetapi permintaan di pasar sangat tinggi, lho! Jadi, segera pelajari jenis makanan atau minuman yang diminati pembeli selama Ramadhan dan mulailah berdagang.

Ikut kegiatan sosial

kegiatan sosial

Berbuka puasa bersama anak yatim. (Sumber: pep.pertamina.com)

Di bulan Ramadhan, akan banyak komunitas yang mengadakan kegiatan amal maupun buka bersama dengan kaum duafa dan yatim piatu. Biasanya komunitas-komunitas tersebut akan membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk ikut serta. Meskipun bukan anggota, mereka tetap menerima dan mengapresiasi partisipasi Anda. Dengan mengejar pahala, Anda akan bertemu dengan orang-orang baru yang bisa memberikan pelajaran hidup bermakna. Seru, ya!

‘Nyalon’ di rumah

nyalon di rumah

'Nyalon' di rumah juga enak, lho.. (Sumber: Hipwee)

Menjelang hari raya, ada baiknya menghemat biaya dalam merawat diri. Waktu Anda di siang dan sore hari bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan penat dengan ‘nyalon’ di rumah sendiri. Anda bisa membeli produk masker, lulur maupun perawatan kuku dari toko dengan biaya yang jauh lebih murah daripada harus ke salon, bahkan bisa digunakan untuk lebih dari satu kali pemakaian. Simpel, kan?

Membuat prakarya

membuat prakarya

Berkreasi dengan prakarya. (Sumber: Momtrends.com)

Bila selama ini Anda tidak punya waktu luang untuk menjalani hobi prakarya, maka sekaranglah saatnya. Isi waktu ngabuburit Anda dengan melukis, menyulam, merajut, atau membuat prakarya lain yang Anda suka. Anda juga bisa melakukannya bersama anak dengan mengajari teknik dan kreasi prakarya sederhana. Menunggu berbuka jadi tidak terasa, kreativitas pun semakin terasah!

Olahraga ringan

olahraga saat puasa

Peregangan tubuh sebagai olahraga ringan. (Sumber: Sentral Fitnes)

Berpuasa tidak boleh menjadi alasan untuk malas bergerak. Sempatkan waktu untuk melakukan olahraga ringan di rumah, seperti yoga atau berjalan kaki di lingkungan sekitar. Mengerjakan tugas rumah tangga ringan seperti mencuci piring juga bisa menjadi pilihan. Lakukan dengan intensitas rendah di sore hari sehingga Anda tidak terlalu lelah.

Jadi, mau ngabuburit dengan kegiatan apa hari ini?

 

Referensi: HaloMoney, CekAja

Leave a comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

All comments are moderated before being published.

Read more

Di Hari Lahir Pancasila ini, Sudah Paham Asal Usul dan Filosofi Garuda Pancasila Belum?

Di Hari Lahir Pancasila ini, Sudah Paham Asal Usul dan Filosofi Garuda Pancasila Belum?

Mulai tahun 2017, Indonesia mendapat tambahan hari libur nasional yaitu Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni. Ketetapan tersebut diresmikan melalui Keputusan Presiden (Keppres) yang ditand...

Read more
Menjaga Kecantikan Kulit Saat Berpuasa itu Perlu! Ini 4 Caranya

Menjaga Kecantikan Kulit Saat Berpuasa itu Perlu! Ini 4 Caranya

Saat berpuasa, tubuh mengalami dehidrasi sehingga kondisi fisik terasa lemas dan tidak bertenaga setelah beraktivitas seharian. Kurangnya cairan membuat kulit menjadi kering dan kusam. Padahal, ber...

Read more